Sabtu, 20 November 2010

Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita

Dipublikasikan pada 25 May 2008 oleh Ilham Radiansyah 
Pnemonia merupakan masalah Kesehatan didunia karena angka kematiannya tinggi, tidak saja dinegara berkembang, tapi juga di negara maju. Departemen Kesehatan RI menyatakan tiap tahun dari 1.000 balita yang lahir hidup terdapat 5 kematian akibat pneumonia, tiap 3 menit 1 orang balita meninggal.Di kabupaten Donggala tahun 2003 Tujuan program ISPA adalah menurunkan angka kematian balita akibat Pnemonia dari 5 per 1000 balita tahun 2000 menjadi 3 per 1000 balita ditahun 2005. Khusus di wilayah kerja Puskesmas Palolo pada tahun 2004 jumlah penderita / kasus pneumonia sebanyak 282 anak balita dengan prevalensi 40 %.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara berat badan lahir, kepdatan hunian rumah, kondisi ventilasi rumah, dan tingkat pendidikan ibu balita dengan kejadian pneumonia.
Desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional Study, untuk melihat faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian pneumonia pada waktu yang bersamaan.Populasi dalam penelitian ini adalah semua anak balita yang ada di wilayah Puskesmas Palolo, sampelnya adalah semua anak balita baik yang menderita maupun tidak menderita pneumonia yang terpilih sebagai sampel dan responden dalam penelitian ini adalah ibu balita yang terpilih sebagai sample Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan responden,observasi dan pengukuran serta melalui register kunjungan balita di Puskesmas Palolo. Pengolahan dengan menggunakan program SPSS versi 10,0, pengujian hipotesis menggunakan Yate’s Corection, dengan alpha 0,05 dan mengetahui kuatnya hubungan menggunakan uji phi.
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan antara kepadatan hunian rumah, kondisi ventilasi rumah, dan tingkat pendidikan ibu dengan kejadian pneumonia sedangkan berat badan lahir tidak menunjukan adanya hubungan dengan kejadian pneumonia pada anak balita.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan perlunya penyuluhan / informasi yang kontinyu dan teratur serta risiko yang terkait dengan penyakit pneumonia kepada ibu balita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar